MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


Gambar terkait

Dalam konteks sosial manusia merupakan makhluk sosial. Ia tidak dapat hidup sendirian dengan perangkat nilai-nilai selera sendiri. Nilai-nilai yang diperankan seseorang dalam jalinan sosial harus dipertanggungjawabkan sehingga tidak mengganggu konsensus nilai yang telah disetujui bersama.
Tanggung jawab erat kaitannya dengan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang, kewajiban merupakan tandingan terhadap hak, dan dapat juga tidak mengacu kepada hak, maka tanggung jawab dalam hal ini adalah tanggung jawab terhadap kewajibannya.

Kewajiban dibagi menjadi dua, yaitu:
a) Kewajiban terbatas
b) Kewajiban tidak terbatas


- Pengertian Tanggung Jawab
Pengertian tanggung jawab secara umum adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Adapun definisi tanggung jawab secara harafiah dapat diartikan sebagai keadaan wajib menanggung segala sesuatunya jika terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan atau juga berarti hak yang berfungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikapnya oleh pihak lain.
Jadi, tanggung jawab adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh setiap individu yang berdasarkan atas kewajiban maupun panggilan hati seseorang. Yaitu sikap yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki sifat kepedulian dan kejujuran yg sangat tinggi.

- Ciri Ciri Tanggung Jawab
Menurut Mustari (2011:25) Ciri Ciri Tanggung Jawab adalah :
1. Memilih Jalan lurus
2. Selalu memajukan diri sendir
3. Menjaga kehormatan diri
4. Selalu waspada
5. Memiliki komitmen pada tugas
6. Melakukan tugas dengan standar yang baik
7. Mengakui semua perbuatanya
8. Menepati jani
9. Berani menangung resiko atas tindakan dan ucapan nya

-  Jenis Jenis Tanggung Jawab
Tanggung jawab dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya. Atas dasar ini, lalu dikenal beberapa jenis tanggung jawab diantaranya :
1. Tanggung Jawab Terhadap Allah SWT
2. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
3. Tanggung Jawab kepada Keluarga
4. Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
5. Tanggung Jawab Terhadap Bangsa dan Negara

- Tanggung Jawab terhadap sang Pencipta
Allah adalah alasan semua peristiwa dari setiap detik yang terjadi. Allah yang memberikan kita hidup, hidup bukan untuk mencari kesenangan, namun mengumpulkan bekal yang akan ditimbang dan ditukar sebagai tiket kesuatu tempat taman bermain yang abadi yaitu surga. Walaupun begitu setiap detik dalam kehidupan kita adalah suatu anugerah luarbiasa yang tidak dapat diberikan oleh orang lain selain Allah.

contoh tanggung jawab saya terhadap Allah:
1. Berdoa
2. Sholat
3. Menjalankan perintahnya, selalu berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan   perintah-Nya dan menjauh dari larangan-Nya.
4. Mengamalkan ajaran-Nya, karena umat yang baik adalah yang menjalankan dan mengamalkan perintah-Nya.

Daftar Pustaka :




Komentar