NAMA :
ADINDA FIA NOFRINKA
KELAS : 1IA05 - TEKNIK INFORMATIKA
NPM :
50418153
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KATA
PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang. Puji serta
syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,
dan hidayah Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah tentang "PENGENALAN
ILMU SOSIAL DASAR".
Makalah
ilmiah ini telah saya susun dengan maksimal,dan harapan saya semoga makalah ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya
dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik
lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, saya yakin masih banyak
kekurangan dalam makalah ini,
Oleh
karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan makalah ini dari
segi susunan kalimat maupun tata bahasanya dengan tangan terbuka saya menerima
segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki makalah ini. Akhir
kata saya berharap semoga makalah "PENGENALAN ILMU SOSIAL DASAR"
dapat memberikan banyak manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Jakarta, 4 nov 2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Ilmu
Sosial Dasar merupakan salah satu ilmu sosial yang dipelajari untuk mengatasi
atau memecahkan masalah sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Pada dasanya,
ilmu sosial dasar memberikan gagasan atas masalah atau kejadian yang terjadi
pada masyarakat yang dapat kita kaji dalam menyelesaikan permasalahan yang
terjadi dalam mayarakat. Ilmu Sosial Dasar membantu perkembangan wawasan
penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan
membentuk ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari seorang mahasiswa,
khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap
manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
Ilmu
Sosial Dasar juga merupakan suatu usaha yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai),
persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat
ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi
lebih besar. Pengenalan dan pemahaman Ilmu Sosial Dasar menjadi penting
supaya munculnya ilmu ini tidak sekedar menjadi harapan tanpa hasil. Oleh
karena itu saya berkeinginan untuk membahas latar belakang dan ruang lingkup
pembahasan dari Ilmu Sosial Dasar, serta masalah sosial yang masih terkait
dengan lingkup pembahasan Ilmu Sosial Dasar.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di
atas, saya merumuskan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai
berikut:
1. Apakah pengertian dari Ilmu Sosial Dasar?
2. Apa yang melatabelakangi munculnya Ilmu Sosial Dasar?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan
disusunnya makalah ini untuk memberikan pemahaman kepada saya sebagai penyusun
dan juga mahasiswa mengenai tentang apa itu Ilmu Sosial Dasar, dan latar
belakang kemunculannya.
1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat
dari penulisan makalah ini adalah supaya menjadi sumber pembelajaran untuk saya
dan pembaca agar lebih paham mengenai Ilmu Sosial Dasar.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu
Sosial Dasar (ISD) merupakan studi analisis atas aneka fenomena sosial
masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian
dasar falsafah keilmuan. Ilmu Sosial Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbal
balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan
melalui kenyataan sosial Dengan demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan
pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan
penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan Ilmu
Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus
dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan
di Perguruan Tinggi. Dengan kata lain, mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan
dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum
tentang konsep -konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial
agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan
sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya. Ilmu Sosial
Dasar (ISD) sendiri adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan
dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar
kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji
gejala sosial.
Bahan pembelajaran ISD dapat
dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :
a) Konsep sosial dibatasi pada
konsep dasar atau elementer saja yang bertujuan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
b) Masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial
yang memiliki suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain.
2.2 Latar Belakang Ilmu Sosial Dasar
Latar
belakang diberikannya mata kuliah ISD di perguruan tinggi yaitu banyaknya
kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan Indonesia oleh sejumlah
cendekiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial, dan kebudayaan. Latar
belakang lainnya, sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang "elite"
bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, dan
tidak mengenali dimensi-dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan
tinggi seolah-olah menara gading yang banyak menghasilkan sarjana-sarjana
"tukang" yang tidak mau peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan,
serta perkembangan masyarakat. Pendidikan tinggi hanya dapat menghasilkan
sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan di bidang tertentu saja,
Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan
mempunyai tiga kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.
1. Kemampuan personal,Tenaga
ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang
mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai agama,
masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah masyarakat
Indonesia.
2. Kemampuan akademik, Kemampuan
untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan dan mampu berpikir
logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk
mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi.
3. Kemampuan professional, Kemampuan
dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dan mereka diharapkan
memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.
BAB
III
KESIMPULAN
DAN SARAN
Ilmu
Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial dapat
ditingkatkan sehingga lebih peka terhadapnya. Latar belakang diberikannya mata
kuliah ISD di perguruan tinggi yaitu banyaknya kritik yang ditujukan pada
sistem pendidikan Indonesia oleh sejumlah cendekiawan, dimana masih dirasakan
banyaknya tenaga ahli yang berpengetahuan keahlian khusus dan mendalam sehingga
wawasannya sempit. Latar belakang lainnya, sistem pendidikan kita menjadi
sesuatu yang "elite" bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab
dengan lingkungan masyarakat, dan tidak mengenali dimensi-dimensi lain di luar
disiplin keilmuannya. ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia
sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan.
3.2.
Saran
Berdasarkan
kesimpulan di atas, penulis menyarankan untuk lebih mengembangkan pemahaman
tentang Ilmu Sosial Dasar melalui diskusi dan pembahasan sesama mahasiswa serta
dosen pengampu mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.
BAB
IV
DAFTAR
PUSTAKA
· https://sociologypolitik.blogspot.com/2017/03/makalah-ilmu-sosial-dasar.html
Komentar
Posting Komentar