Pertemuan 4 - Teknologi Game | Visibilitas

Nama : ADINDA FIA N

Kelas : 3IA15

Npm : 50418153



Visibilitas adalah ukuran jarak di mana suatu objek atau cahaya dapat secara jelas dilihat. Optimasi visibilitas adalah cara paling efektif untuk mendapatkan performa dalam game. Ada dua cara dasar untuk melakukan optimasi visibilitas yaitu seni dan desain tingkat, teknologi. Permainan menggunakan campuran keduanya. Seniman merancang dunia permainan sehingga kinerjanya dapat diterima.

 

Level Of Detail

Level of Detail (atau LOD untuk pendek) adalah cara yang agak sederhana namun efisien untuk mengoptimalkan rendering untuk adegan besar. Ide dasarnya adalah objek yang jauh tidak harus dirinci sedetail objek dekat. Berikut ini adalah kriteria pemilihan LOD Primer:

A. Jarak atau Ukuran

Pilih resolusi berdasarkan jarak antara   elemen dan sudut pandang, yaitu resolusi lebih kasar   untuk geometri jauh.

·       Mudah untuk menghitung (jarak Euclidean 3-D)

·       Skala tergantung

·       Resolusi tergantung

·       Bidang Tampilan tergantung

 

B. Kecepatan

C. Eksentrik

Resolusi dipilih berdasarkan   sejauh mana suatu elemen ada di   pinggiran visual, yaitu elemen tampilan yang dilihat   pengguna dalam resolusi tinggi.

Manusia dapat menyelesaikan lebih sedikit detail di   bidang periferal mereka karena:

o   fotoreseptor retina lebih (batang / kerucut)   terhadap fovea

o   retina dan ukuran bidang reseptif sel kardiektik   meningkat secara linier dengan eksentrisitas

o   80% sel-sel kortikal dikhususkan untuk 10   derajat penglihatan pusat

Gunakan sistem pelacakan mata untuk melacak pandangan   pengguna atau menganggap pengguna mencari ke pusat   layar

 

D. Depth of Field

 

Komentar