Nama : ADINDA FIA N
Kelas : 3IA15
Npm : 50418153
Visibilitas adalah ukuran jarak di mana suatu objek atau cahaya dapat secara jelas dilihat. Optimasi visibilitas adalah cara paling efektif untuk mendapatkan performa dalam game. Ada dua cara dasar untuk melakukan optimasi visibilitas yaitu seni dan desain tingkat, teknologi. Permainan menggunakan campuran keduanya. Seniman merancang dunia permainan sehingga kinerjanya dapat diterima.
Level Of Detail
Level of Detail (atau LOD untuk pendek) adalah cara yang agak sederhana namun efisien untuk mengoptimalkan rendering untuk adegan besar. Ide dasarnya adalah objek yang jauh tidak harus dirinci sedetail objek dekat. Berikut ini adalah kriteria pemilihan LOD Primer:
A. Jarak atau Ukuran
Pilih resolusi berdasarkan jarak antara elemen dan sudut pandang, yaitu resolusi lebih kasar untuk geometri jauh.
· Mudah untuk menghitung (jarak Euclidean 3-D)
· Skala tergantung
· Resolusi tergantung
· Bidang Tampilan tergantung
B. Kecepatan
C. Eksentrik
Resolusi dipilih berdasarkan sejauh mana suatu elemen ada di pinggiran visual, yaitu elemen tampilan yang dilihat pengguna dalam resolusi tinggi.
Manusia dapat menyelesaikan lebih sedikit detail di bidang periferal mereka karena:
o fotoreseptor retina lebih (batang / kerucut) terhadap fovea
o retina dan ukuran bidang reseptif sel kardiektik meningkat secara linier dengan eksentrisitas
o 80% sel-sel kortikal dikhususkan untuk 10 derajat penglihatan pusat
Gunakan sistem pelacakan mata untuk melacak pandangan pengguna atau menganggap pengguna mencari ke pusat layar
D. Depth of Field
Komentar
Posting Komentar